KISAH 1001 MALAM TERJEMAH

OLEH HASAN BARAKUAN

 

Kisah 1001 malam adalah himpunan cerita-cerita pelipur lara yang legendaris. Di dalamnya berisikan aneka ragam cerita-cerita mengasyikkan tentang berbagai suasana kehidupan. Harapannya, karya ini dapat membangun moral, etika, dan sekaligus menghibur. Kisah 1001 Malam adalah karya seorang pengarang yang karismatik sehingga cerita-cerita dalam buku ini pernah termasyhur ke seluruh penjuru dunia.

Saya, Hasan Barakuan berupaya sedapat mungkin menyajikan terjemah seakurat mungkin. Sekalipun demikian kami melakukan sedikit revisi-revisi terhadap kalimat-kalimat yang kami anggap kurang santun. Berikut ini kisahnya:

 

Bismillahirrahmanirrahim.

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Semoga shalawat serta salam terlimpah kepada sang pimpinan para rasul junjungan dan paduka kami Muhammad, juga kepada para keluarga beliau. Yaitu jenis shalawat serta salam yang senantiasa dan berkesinambungan sampai pada Hari Kiamat.

Lebih lanjut:

Sesungguhnya, perihidup orang-orang masa lampau dapat menjadi teladan bagi generasi berikutnya, agar seseorang dapat melihat teladan-teladan yang berguna bagi orang lain, lalu diteladani, dan dapat memperhatikan peristiwa umat-umat masa lalu dan apa-apa yang melanda mereka sehingga dapat bermawas diri. Mahasucilah Dia yang telah menjadikan peristiwa orang-orang terdahulu sebagai teladan bagi kaum belakangan. Di antara teladan-teladan tersebut adalah hikayat-hikayat yang disebut “1001 malam” yang dilengkapi dengan kisah-kisah unik dan berbagai perumpamaan.

Kisah 1001 malam

HIKAYAT RAJA SYAHRAYAR BERSAMA SAUDARANYA SYAH ZAMAN

Telah dikisahkan, Allahlah yang lebih mengetahui, lebih mulia, dan lebih terhormat, bahwa pada masa lalu, zaman lampau, dan tempo dahulu, adalah seorang raja di antara raja-raja Sasan di jazirah-jazirah antara India dan Cina. Raja yang memiliki banyak bala tentara, pendukung, pelayan, dan pengiring. Ketika itu beliau memiliki dua orang putra. Yang seorang putra sulung yang seorang putra bungsu. Keduanya adalah penunggang kuda handal dan pemberani. Si putra sulung lebih tangkas dibanding yang adiknya. Putra sulung menjadi raja sebuah negeri dan menetapkan hukum dengan adil di tengah masyarakat. Dia dicintai masyarakat negerinya dan orang-orang dibawah kepemimpinannya. Nama raja itu adalah Syahrayar. Sementara adiknya bernama Raja Syah Zaman, ia menjadi raja Samarkand, negeri nonArab.

Senantiasa situasi tenteram di negeri mereka. Masing-masing keduanya di dalam pemerintahannya bersikap bijak dan adil terhadap rakyatnya sepanjang dua puluh tahun mereka berada di dalam puncak kesejahteraan dan tenteram.

Situasi masih seperti itu sampai Sang Raja sulung merasa rindu kepada Raja yang menjadi adiknya. Ia mengutus salah seorang menterinya agar pergi menjumpainya dan membawanya datang kepadanya. Menteri menyambut perintahnya dengan patuh dan taat. Ia pun melakukan perjalanan sehingga tiba dalam keadaan selamat. Masuk menjumpai saudara raja, menyampaikan ucapan selamat kepadanya, dan memberitahukan kepadanya, bahwa saudaranya telah rindu kepadanya, memintanya agar ia berkenan untuk berkunjung kepadanya.

Sang adik pun menerima undangan itu dengan sikap patuh, taat, dan bersiap diri untuk melakukan perjalanan. Ia mempersiapkan kemah-kemahnya, onta-onta, bagal-bagal, para pelayan dan juga para pendukungnya. Selanjutnya dia meninggalkan menterinya untuk menjadi hakim di negerinya. Ia pun berangkat menuju negeri abangnya.

Tatkala telah tiba malam hari. Ia teringat akan suatu hal penting yang tertinggal di istananya. Lalu ia pulang dan masuk ke dalam istananya. Tiba-tiba ia mendapati istrinya sedang tidur di ranjangnya seraya berpelukan dengan salah seorang budak kulit hitam dari kalangan para budak.

Ketika ia menyaksikan peristiwa ini, menjadi gelaplah dunia dalam pandangan wajahnya dan berkata dalam hati: “Jika peristiwa seperti ini dapat terjadi, sedangkan diriku belum lagi meninggalkan kota, betapa pula sikap pezina ini manakala aku pergi jauh di negeri saudaraku untuk beberapa waktu?”

Sampai di sini Kisah 1001 Malam episode pertama terjemah oleh Hasan Barakuan, berikutnya akan segera dilanjut ke dalam episode kisah kedua. .  .  .

Episode kedua klik di sini

Untuk melihat contoh karya kitab terjemah Klik di sini

Atau dapat menghubungi kami: 081 575757 536 Hasan Barakuan

Berikut lokasi alamat kami:

KISAH 1001 MALAM TERJEMAH OLEH HASAN BARAKUAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *